Inilah Perbedaan Merger dan Akuisisi

Perbedaan Merger dan Akuisisi

Pernahkah Anda mendengar istilah merger atau akuisisi? Jika tidak, pastikan untuk mendengar perbedaan merger dan akuisisi berikut. Seperti yang sudah dikenal di dunia bisnis korporasi, proses akuisisi dan juga merger adalah salah satu hal yang paling umum. Merger dan akuisisi dalam diri mereka sendiri adalah strategi yang sering dilakukan untuk mempertahankan perusahaan.

Tentu saja, masing-masing pihak memiliki latar belakang dan juga tujuan mengapa perlu untuk melakukan akuisisi atau merger dalam bisnis yang Anda jalankan. Agar tidak salah mengartikan hal berikut, perbedaan merger dan akuisisi yang tidak banyak diketahui akan disajikan.

Definisi Merger

Secara umum, merger lebih fokus pada konsolidasi mutualisme antara dua atau lebih entitas yang tujuannya adalah untuk membentuk perusahaan baru. Dalam merger, beberapa perusahaan sepakat untuk mengintegrasikan atau menggabungkan kegiatan operasional yang dilakukan dalam satu kesatuan. Perhatikan bahwa dalam entitas baru, akan ada kepemilikan, kontrol, dan juga pembagian keuntungan.

Jadi apa sebenarnya alasan perusahaan bergabung? Secara umum, alasan utama beberapa perusahaan setuju untuk bergabung adalah untuk menyatukan sumber daya perusahaan. Selain itu, keinginan untuk menyatukan kekuatan dan kelemahan sehingga perusahaan baru beroperasi secara optimal. Tidak hanya itu, alasan lain mengapa perusahaan memilih untuk bergabung adalah untuk mengurangi persaingan dan meningkatkan keuntungan bersama.

Definisi Akuisisi

Tidak seperti merger, akuisisi adalah pembelian atau akuisisi satu perusahaan oleh perusahaan lain. Akuisisi ini umumnya dilakukan dengan membeli aset perusahaan atau memperoleh kepemilikan saham lebih dari 51%. Selama periode akuisisi, perusahaan yang melakukan akuisisi akan dikenal sebagai perusahaan yang mengakuisisi. Sedangkan perusahaan yang diakuisisi lebih dikenal sebagai perusahaan target.

Baca juga : Pengertian Akuntansi

Perlu diingat bahwa perusahaan yang melakukan akuisisi akan cenderung memiliki kekuatan dibandingkan dengan perusahaan yang diakuisisi. Kekuatan yang dimaksud di sini berkaitan dengan ukuran, struktur dan juga kegiatan operasional perusahaan. Nah, untuk keperluan Anda sendiri, hampir sama dengan merger. Sebagian besar perusahaan yang memutuskan untuk membeli menginginkan pertumbuhan yang cepat dan mudah.

Perbedaan utama dalam merger dan akuisisi

Jadi apa perbedaan antara merger dan akuisisi? Ada beberapa poin penting yang membedakan antara istilah merger dan akuisisi. Nah, untuk penjelasan lebih lengkap, lihat ulasan berikut.

  1. Merger, yaitu, dua perusahaan yang datang bersama dengan tujuan membentuk bisnis baru. Sementara akuisisi satu perusahaan membeli dari perusahaan lain untuk mendapatkan kendali atas itu.
  2. Kedua perusahaan bubar dan kemudian membentuk perusahaan baru. Untuk akuisisi dua perusahaan yang terlibat, mereka tidak kehilangan keberadaan mereka.
  3. Jumlah minimum perusahaan yang bergabung umumnya mencapai tiga perusahaan. Mengenai jumlah minimum perusahaan yang mengakuisisi setidaknya dua perusahaan.
  4. Merger membutuhkan lebih banyak persyaratan hukum dan formalitas untuk diselesaikan. Sementara akuisisi hanya membutuhkan beberapa persyaratan hukum dan formalitas untuk diselesaikan.

Setelah mempelajari perbedaan antara merger dan akuisisi, tentu saja, Anda sudah tahu tujuan atau alasan mengapa perusahaan memilih untuk melakukan merger atau akuisisi. Namun, perlu diketahui bahwa merger dan akuisisi memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itu, pastikan untuk memilih strategi yang benar dan paling menguntungkan untuk perusahaan Anda.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan aplikasi komersial atau software akuntansi finata.id untuk memfasilitasi kegiatan perusahaan, Finata dapat membantu Anda memecahkan masalah Anda. Finata adalah layanan yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan dengan benar dan tepat. Tidak perlu khawatir karena Finata memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Untuk itu, lihat masalah Anda segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *