Wisata Goa Selarong, Akses, Harga Tiket, Jam Buka

Wisata Goa Selarong

Tempat wisata Goa Selarong terletak tepatnya di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Kembangputihan, Pajangan, Bantul, Jogjakarta. Untuk menuju tempat wisata ini di Jogja, teman-teman dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan karena tidak ada angkutan umum yang melintasi objek wisata bersejarah ini. Namun, jangan khawatir karena jalur menuju lokasi ini berbentuk seperti jalan aspal yang halus. Untuk mengunjungi gua, juga dikenal sebagai Goa Diponegoro, wisatawan dapat mengambil berbagai rute. Rute-rute ini akan dijelaskan di bawah.

Dalam Sejarah. Gua Selarong kuno tempat Pangeran Diponegoro bertindak dalam perang gerilya melawan pasukan Belanda antara 1825-1830. Pangeran Diponegoro menaruh dendam terhadap para penjajah dan kemudian mulai melakukan tindakan balasan setelah rumahnya di Tegalrejo dibakar habis. Di Gua Selarong ada dua gua utama, yaitu Gua Kakung, yang merupakan tempat tinggal Pangeran Diponegoro, dan Gua Putri, yang digunakan sebagai tempat tinggal Raden Ayu Ratnaningsih, selir sang pangeran. Perjuangan populer ini dikenal dengan moto: sadumuk bathuk-sanyari-bumi-dikahi press-pati. Apa artinya, satu inci kepala sehari dipertahankan sampai mati. Di masa lalu, gua ini juga digunakan sebagai tempat untuk mempelajari sejarah masa lalu atau untuk mundur.

Akses ke gua Selarong

Ada banyak rute yang bisa ditempuh wisatawan untuk mencapai Gua Selarong. Antara lain dari terminal Giwangan, yaitu:

  • Dari persimpangan Jalan Ring Terminal Giwangan, belok kanan (barat) menuju persimpangan Jalan Ring Bantul
  • Cari persimpangan Bantul Highway Ring Road, lalu belok kiri kendaraan Anda (selatan) untuk melihat pertigaan Selarong Highway (Bantul Highway – Selarong Highway).
  • Kemudian di persimpangan, jalan Selarong, belok kanan (barat) dan terus ke berikutnya, belok kiri (selatan).
  • Setelah belok kiri (selatan), segera belok kanan (barat) dan terus sampai Anda terjebak di persimpangan.
  • Dari persimpangan itu, belok kiri (selatan) lalu ikuti Selarong Road.
  • Dari Terminal Giwangan, dibutuhkan sekitar 20 menit berkendara, ada tanda untuk Gua Selarong, belok kanan. Ada patung Pangeran Diponegoro yang menunggang kuda.

Harga tiket masuk ke gua Selarong

Secara umum, harga tiket untuk memasuki tempat-tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari kerja. Pada hari-hari normal, harga tiket masuk ke Goa Selarong Bantul adalah Rp4.000,00. Sedangkan pada akhir pekan dari Jumat hingga Minggu, harga tiket masuk ke Goa Selarong Bantul adalah Rp4.000,00. Harganya pun cukup terjangkau.

Jam buka dan tutup gua Selarong

Setiap objek wisata memiliki waktu buka dan tutup yang berbeda, termasuk tempat wisata Goa Selarong. Untuk menghindari menjadi turis, jangan salah untuk kecewa. Gua Selarong buka pada pukul 08:00 pagi. dan tutup pukul 05:00 malam waktu setempat. Karena itu, Anda harus mempersiapkan perjalanan Anda sebaik mungkin. Jadi ketika datang untuk hidup, nikmati pemandangan di sekitar gua.

Aktivitas Gua Selarong

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di daerah Goa Selarong adalah berfoto atau menikmati air terjun yang indah di daerah ini ketika musim hujan tiba. Anda juga bisa berolahraga dengan menaiki anak tangga di sepanjang rute dengan panjang sekitar 400 meter. Ada tebing, sehingga wisatawan diharapkan berhati-hati saat berjalan. Cek TripJogja.co.id untuk informasi Paket Wisata Jogja terbaik selama wisata di Jogja.

Itulah penjelasan Gua Selarong. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam perjalanan ke kota Jogjakarta untuk mengunjungi Goa ini. Itu saja dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *